Target Desa Intervensi STBM Sudah Tercapai

Target Desa Intervensi STBM tahun 2012 sudah tercapai.

Program nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) memiliki target 11.000 desa yang melaksanakan STBM (desa intervensi) yang harus dicapai di akhir tahun 2012. Tahun ini, target tersebut sukses terlampaui.

Indonesia memiliki komitmen dalam RPJMN 2009-2014 untuk mewujudkan kondisi Indonesia Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Sasaran ini dibagi dua yaitu dalam bentuk sistem pengolahan limbah terpusat (off-site) bagi 10 persen penduduk dan bentuk sistem pengolahan limbah setempat (on-site) bagi 90 persen penduduk.

STBM sebagai program nasional, bersama program-program sanitasi lainnya memiliki peran dalam memenuhi sasaran RPJMN pada bagian pengolahan limbah on-site. Peran ini terlihat dalam target Renstra Kemenkes dengan target 20.000 desa yang melaksanakan STBM atau biasa disebut dengan desa intervensi STBM.

Jumlah pencapaian target desa intervensi pada 2012 dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

target desa intervensi stbm tahun 2012 sudah tercapai

Dilihat dari grafik di atas, terjadi penambahan capaian yang cukup besar yaitu sekitar 3000 desa di kuartal akhir dari tahun 2012. Hal ini bisa jadi karena pelaku STBM memicu kinerjanya secara total di akhir tahun.

Adapun 5 provinsi dengan sumbangan terbesar untuk capaian desa intervensi STBM adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Barat.

desa intervensi stbm

Sementara itu, pada tahun 2013 ini target desa intervensi sebanyak 16.000. Apabila kinerja STBM pada kuartal akhir 2012 bisa dipertahankan, maka target 2013 optimis dapat  dicapai pada pertengahan tahun ini.

Sumber: Target Desa Intervensi STBM Sudah Tercapai

Terkait:

Pencarian:

  • pengertian sanitasi dan air minum
  • makalah sanitasi total berbasis masyarakat
  • makalah sanitasi dan air minum
  • peduli sanitasi dan air minum
  • makalah sanitasi air minum
  • materi tentang sanitasi lingkungan
  • program sanitasi total berbasis masyarakat
(Visited 861 times, 1 visits today)